10 Tips Memulai Bisnis Elektronik
smelildiali.com - Bisnis elektronik adalah salah satu perusahaan yang menjanjikan. Selain pertumbuhan teknologi dan inovasi, orang membutuhkan produk elektronik terbaru untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Ayo, belajarlah untuk memulai aktivitas elektronik berikut!
Saran dan Cara Memulai Bisnis Elektronik
Artikel elektronik membantu kehidupan manusia sehari -hari. Berdasarkan kebutuhan memasak, kebutuhan hiburan, kebutuhan komunikasi, peralatan rumah tangga, alat kantor, dll.
Misalnya, televisi, kipas, radio, laptop, ponsel cerdas, distributor, pemanggang roti, mesin cuci, kulkas, AC dan lainnya. Selain banyak permintaan untuk perangkat elektronik, aktivitas elektronik dianggap sebagai peluang yang menjanjikan.
Selain itu, pengembangan teknologi yang cepat, akan selalu ada jenis barang elektronik baru atau merek baru yang ingin dimiliki konsumen.
Jika Anda ingin mencoba peluang bisnis ini, pelajari beberapa saran berikut untuk memulai bisnis online elektronik!
1. Tentukan jenis produk elektronik
Ada banyak jenis produk elektronik, didasarkan pada merek, kualitas dan kisaran harga. Sebelum memulai perusahaan produk elektronik, Anda perlu menentukan produk mana dan apa potensi yang akan diminati.
Jika Anda ingin menargetkan lokasi dan target konsumen kelas yang lebih tinggi, berikan merek yang diketahui dan berkualitas. Jika Anda ingin menargetkan konsumen target yang lebih luas, Anda dapat memberikan produk kualitas dan harga terendah.
Anda juga dapat fokus pada ini. Misalnya, ingin menargetkan konsumen ibu rumah tangga di kelas menengah, kemudian menyediakan produk elektronik yang terkait dengan kebutuhan rumah seperti tukang roti, kipas, mixer, perangkat listrik, dll.
2. Tentukan jenis toko elektronik
- Outlet Multi-Marques: Toko elektronik yang menyediakan produk dari berbagai merek.
- Merek Unik (Waralaba): Beli yang berfokus pada satu merek. Semua jenis produk tetapi hanya merek.
- Konsesi yang digunakan: Toko elektronik yang menjual produk rekondisi dengan harga yang lebih terjangkau.
3. Siapkan modal
Pilihan produk elektronik yang akan dijual harus beradaptasi dengan modal Anda, ya. Atau, Anda dapat memulai dengan modal kecil terlebih dahulu dan perlahan mengembangkan bisnis untuk memberikan lebih banyak kebutuhan untuk produk elektronik.
Persiapan modal ini juga penting, Anda harus benar -benar memperhitungkan. Berdasarkan biaya modal komersial, sewa lokasi, biaya operasi, gaji karyawan (jika berlaku) dan dana darurat lainnya.
4. Rencana bisnis yang matang
Poin yang termasuk dalam perencanaan bisnis, khususnya:
- Apa visi dan misi perusahaan?
- Apa deskripsi umum perusahaan di industri ini?
- Siapakah segmentasi pasar?
- Apa detail dan jenis produknya?
- Detail modal dan biaya operasional?
- Bagaimana strategi pemasaran akan dikelola?
- Rencana Perhitungan Keuntungan dan Kerugian.
- Perhitungan ruptur rekan (BEP)
- Analisis kompetisi.
- Siapkan strategi komersial.
Anda harus melakukan studi pasar untuk mendapatkan citra yang jelas tentang industri bisnis dan apa yang perlu Anda lakukan sehingga strategi komersial hanya pada target.
5. Memahami pesaing
Ada banyak pengusaha lain dari industri elektronik, memahami apa yang mereka lakukan. Dia mengerti:
- Produk apa yang mereka jual?
- Bagaimana layanannya?
- Kisaran harga pasar ditawarkan?
- Apa strategi pemasarannya?
- Bagaimana dan mengapa konsumen mendatangi mereka?
Pelajari dan lakukan strategi pesaing yang lebih baik, atau setidaknya Anda harus dapat bersaing di kelas Anda.
6. Kenali konsumen target
Sangat penting untuk memahami siapa konsumen target Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:
- Apa merek paling favorit di wilayah ini?
- Produk apa yang Anda sukai
- Berapa biaya rata -rata yang dibelanjakan konsumen untuk membeli produk elektronik?
- Bagaimana daya beli konsumen di lokasi target?
7. Kerjasama dengan pemasok tepercaya
Kerja sama dengan pemasok yang menyediakan barang asal, kualitas terbaik dan sistem operasional praktis. Mereka dapat menyediakan barang Anda yang dipesan dengan cepat dan harganya juga ramah pengguna.
Selain itu, mereka juga merupakan keluhan atau pengembalian barang jika kondisi tidak mematuhi apa yang dijanjikan.
8. Memberikan Layanan Terbaik
Memberikan layanan terbaik kepada konsumen, seperti:
- Berikan informasi yang jelas tentang produk. Tidak kesal jika banyak pelanggan potensial mengajukan pertanyaan.
- Sajikan operasi dan penggunaan produk.
- Berikan rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan potensial.
- Menyediakan sistem pembayaran temperamen untuk memfasilitasi konsumen.
- Memberikan layanan pengiriman gratis kepada konsumen di sekitarnya.
- Kemasi produk dengan hati -hati dan sangat hati -hati. Misalnya, menggunakan kardus produk asli yang dilengkapi dengan amplop gelembung.
- Pengiriman produk aman dan tepat waktu. Jangan mengirim produk besar seperti mesin cuci dengan dua tabung dengan sepeda motor karena sangat berbahaya.
- Berikan jaminan lokakarya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
9. Buat program promosi
Rencanakan strategi pemasaran dan promosi secara efektif, misalnya:
- Gunakan media sosial untuk memperkenalkan produk di toko.
- Berikan diskon, cashback, kartu berlangganan atau harga gratis.
- Instal iklan online.
- Buat kampanye pemasaran tergantung pada waktu. Misalnya, pada saat Hari Ibu, berikan diskon 20% untuk konsumen ibu.
10. Mengoptimalkan bisnis dengan toko online
Jika Anda belum dapat membuka toko fisik karena kendala modal atau ingin mengoptimalkan aktivitas toko konvensional yang ada, Anda juga dapat mengelola bisnis elektronik melalui toko online.
Tujuan toko online adalah untuk memperluas ruang lingkup komersial, untuk memasukkan tujuan konsumen yang lebih luas dan untuk memaksimalkan penjualan.
Konsumen potensial dapat dengan mudah memeriksa dan membandingkan produk di toko online. Mereka juga dapat melakukan transaksi online dan mendapatkan penawaran harga terbaik.
Tantangan perusahaan elektronik online menyangkut pengemasan dan pengiriman produk. Kami menyarankan Anda menggunakan layanan pengiriman ekspres tergantung pada berat dan ukuran produk, ya.
Komentar
Posting Komentar