Bisnis Elektronik Yang Menjanjikan

smelildiali.com - Layanan digital yang diperpanjang hari ini memiliki banyak keuntungan untuk membuat sesuatu yang rumit lebih mudah dan lebih cepat.

Dan ini juga berlaku di dunia bisnis. Kehadiran layanan digital membuat setiap aktivitas transaksi baik promosi, penjualan, pembelian dan produk pemasaran dapat dibuat secara elektronik atau lebih dikenal sebagai jenis bisnis perdagangan elektronik.

Berkat sistem perdagangan elektronik, produsen dapat menawarkan produk atau layanan tanpa bertemu konsumen secara langsung.

Demikian juga dengan konsumen yang dapat memilih dan membeli produk tanpa melihatnya secara langsung.

Menurut laporan PPRO, perusahaan layanan pembayaran global terbaik, mengenai pembayaran online dan perdagangan pada tahun 2018, Indonesia memiliki pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan negara lain, yaitu 78%.

Karena itu, sangat menguntungkan jika Anda dapat mengikuti tren komersial ini.

Tetapi akan sangat sulit jika Anda tidak tahu pengetahuan dasarnya. Mungkin orang hanya tahu perdagangan elektronik terbatas pada toko online di mana mereka menjual barang.

Namun ternyata, jenis perdagangan elektronik lebih luas dari itu.

Jenis perdagangan elektronik lainnya memiliki lebih banyak bagian baik sebagai produsen maupun konsumen.

Jenis Perdagangan Elektronik

Memahami jenis perdagangan elektronik akan membantu Anda dapat mengikuti tren komersial dan memperluas perusahaan yang diluncurkan.

Apa saja jenis perusahaan perdagangan elektronik? Penjelasan berikut.

Bisnis Elektronik dalam Bisnis (B2B)

Jenis perdagangan elektronik ini adalah yang paling penting karena mencakup transaksi yang dilakukan antara perusahaan atau jenis bisnis.

B2B adalah transaksi baik secara elektronik maupun fisik antara bisnis dan perusahaan lain.

Konsumen penjualan barang dan jasa adalah grup atau grup yang mengelola bisnis dan bukan konsumen individu.

Contoh sederhana adalah jika perusahaan Anda adalah produsen bahan baku dalam kulit sintetis untuk membuat tas dan sepatu.

Jenis B2B memberikan volume kebutuhan besar untuk barang dan jasa sehingga pelaku membutuhkan banyak uang untuk mengelola perusahaan.

Dan tentu saja, risikonya juga cukup penting.

Akibatnya, pebisnis B2B umumnya menggunakan EDI (Data Electronic Interchange) dan email dalam proses transaksi, memberikan informasi dan konsultasi yang terkait dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses transfer data terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain.

Jurnal adalah bentuk B2B, di mana tujuan surat kabar surat kabar adalah pengusaha atau pemilik bisnis yang membutuhkan layanan akuntansi dan akuntansi.

Dengan jurnal, pengusaha dapat lebih mudah mengelola keuangan perusahaan kapan saja dan di mana saja, serta membuat laporan keuangan lebih mudah, lebih aman dan dapat diandalkan.

Selain itu, ada juga integrasi aplikasi kasir di pasar dan online dan titik penjualan (POS) yang dapat membantu dalam transaksi komersial.

Bisnis Elektronik Perusahaan untuk Konsumen (B2C)

Perusahaan untuk Konsumen (B2C) adalah jenis bisnis perdagangan elektronik yang paling umum dan yang paling terkenal di depan umum.

Jika B2B memasarkan barang dan jasa ke perusahaan lain, B2C adalah proses transaksi yang dilakukan antara produsen barang atau jasa secara langsung untuk mengakhiri konsumen.

Perusahaan untuk dikonsumsi sebagai toko ritel memiliki produk ritel untuk dijual dan di gudang untuk stok barang.

Yang membedakannya dari toko ritel biasa adalah bahwa proses transaksi dilakukan secara online. B2C lebih mudah dan lebih dinamis sehingga dapat berkembang dengan sangat cepat.

Kemudahan membangun situs web berarti bahwa banyak toko virtual menyebar di dunia maya.

Inilah yang membuat persaingan dalam jenis bisnis bisnis elektronik ini sangat ketat dan cenderung tidak merata.

Namun, dibandingkan dengan toko ritel biasa, B2C memberikan lebih banyak informasi, harga yang lebih murah dan proses pembelian dan penjualan yang cepat untuk konsumen.

Contoh -contoh perusahaan B2C yang sangat populer di Indonesia adalah Lazada, Amazon, eBay, Traveka, Berrybenka, dll.

Perdagangan Elektronik Konsumen Kosumen (C2C)

Selain B2C, konsumen konsumen juga mencakup jenis populer model komersial bisnis.

C2C adalah transaksi barang atau jasa yang dibuat dari konsumen ke konsumen.

C2C dibagi menjadi dua model, yaitu pasar dan diklasifikasikan.

Dalam model pasar, konsumen sebagai pemasok barang dan jasa membutuhkan platform sebagai wadah transaksi.

Di platform, konsumen yang bertindak sebagai penjual dapat menerbitkan berbagai produk untuk dibeli oleh konsumen lain.

Contoh -contoh platform C2C ​​yang terkenal di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, Shope, dll.

Untuk model rahasia yang memberikan kebebasan penjual dan pembeli untuk berubah secara langsung.

Situs web yang tersedia hanya berfungsi untuk menyatukan penjual dan pembeli, tetapi tidak memfasilitasi pembelian online dan transaksi penjualan.

Metode transaksi yang sering dilakukan secara tunai pada pengiriman atau DCO. Situs web untuk model rahasia terkenal di Indonesia, yaitu Olx dan Kaskus.

Konsumsi Konsumsi Perdagangan Elektronik (C2B)

Seperti namanya, dalam jenis transaksi konsumen ke perusahaan (C2B), pembelian dan penjualan produk atau layanan dilakukan kepada konsumen ke perusahaan.

Seluruh kebalikan dari jenis B2C dijelaskan sebelumnya. Dalam jenis ini, individu menawarkan produk atau layanan kepada perusahaan yang membutuhkan dan siap untuk membelinya.

Contoh yang mudah adalah penulis konten yang menawarkan kemampuannya untuk menulis kepada bisnis yang membutuhkan.

Situs elektronik C2B C2B yang populer adalah freelancer.com. Ini adalah situs web yang merupakan forum lepas di berbagai bidang untuk menawarkan keahlian masing -masing.

Di situs web ini, perusahaan akan menyebutkan kebutuhannya, akan memberikan kualifikasi dan upah yang diperlukan.

Setalah itu, mandiri yang memenuhi kualifikasi dapat mempromosikan kapasitas mereka dan membuat upah. Selain itu, perusahaan memilih siapa pun yang menarik mereka.

Komersial dalam Administrasi (B2A) dan Perdagangan Elektronik Konsumen untuk Administrasi (C2A)

Administrasi dalam Administrasi (B2A) atau apa yang dapat dikenal sebagai Business-to-Government (B2G) adalah jenis perdagangan elektronik yang menjual produk atau layanan ke lembaga pemerintah.

Kemudian, perusahaan akan menawarkan berbagai jenis produk yang diperlukan untuk operasionalisasi dan proyek pemerintah.

Dan jenis transaksi ini dilakukan dengan meminta panggilan untuk tender.

Selain itu, ada juga jenis konsumen untuk administrasi (C2A) atau konsumen di Gubernur (C2G) yang merupakan proses transaksi elektronik yang dilakukan oleh individu ke lembaga pemerintah.

Contohnya adalah pembayaran pajak, kontribusi BPJ, dan sebagainya pada individu kepada pemerintah.

Dua jenis perusahaan perdagangan elektronik memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan layanan dan individu dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

Perdagangan Elektronik Online on the Line (O2O)

Ini adalah jenis bisnis baru di mana produsen menggunakan dua saluran baik secara online maupun offline.

Produsen akan melakukan promosi, menemukan konsumen, menarik konsumen dan meningkatkan kesadaran mereka akan produk dan layanan melalui jaringan online.

Yang kemudian dilanjutkan dengan membeli di toko offline.

Selain itu, jenis O2O juga terkait dengan kegiatan pemesanan online dan mengambil barang di toko -toko offline.

Jenis ini banyak digunakan di sektor transportasi seperti Gojek dan Grab serta untuk akomodasi seperti Airbnb, Airy, dll.

Perdagangan Elektronik di Indonesia

Diklasifikasikan atau daftar iklan rahasia

Daftar iklan rahasia adalah perusahaan e -commerce paling sederhana dari formulir e -commerce lainnya.

Sistem perdagangan ini adalah bahwa penyedia layanan iklan rahasia bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Oleh karena itu penyedia layanan tidak terlibat langsung dalam proses pembelian dan penjualan.

Penjual dapat menjual produknya kapan saja dan Anda, sebagai bisnis elektronik atau penyedia layanan, akan mendapat manfaat dari iklan di situs web mereka.

Contoh dari metode transaksi yang sangat terkenal ini adalah DCO (spesies pengiriman).

C2C Marketplace

Model pelanggan atau klien C2C kepada pelanggan hampir sama dengan daftar iklan komersial.

Perbedaannya adalah bahwa, dalam model ini, pebisnis pebisnis tidak hanya mempromosikan produk penjual, tetapi juga menyediakan layanan transaksi keuangan online.

Layanan ini disebut seluruh layanan atau akun ketiga berdasarkan bagian untuk menjamin keamanan transaksi.

Uang yang telah ditransfer oleh pembeli akan disimpan di akun bagian ketiga.

Kemudian, penjual akan menerima uang jika pembeli telah menerima barang atau produk yang dibeli dan jika transaksi gagal atau bermasalah, uang akan dikembalikan ke pembeli.

Mall

Pusat perbelanjaan ini mirip dengan sistem Marketplace, tetapi mereka yang menjual dalam perdagangan elektronik dari formulir ini adalah merek penting dan terkenal atau memenuhi persyaratan tertentu karena sistem ini pertama -tama akan memeriksa.

Sementara perusahaan perdagangan elektronik berikutnya akan mendapat manfaat dari Komisi Penjual.

Akibatnya, merek yang dapat dimasukkan dalam model bisnis ini harus berupa besar atau terkenal sehingga agresor juga mendapat keuntungan besar.

Toko online B2C

Model komersial ini juga sederhana, di mana perdagangan elektronik menjual barang -barangnya sendiri secara online. Dengan kata lain seperti toko online yang kita kenal.

Karena ini dilakukan sendiri, pemain bisnis akan mendapat manfaat dari manfaat penjualan lengkap dan juga akan memiliki kebebasan.

Namun, untuk menjalankan model ini, Anda harus mengelola situs web, membeli domain dan mengelola semua transaksi Anda sendiri. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga lebih tinggi.

Toko Online Media Sosial

Model perdagangan elektronik ini harus sangat akrab bagi Anda. Toko online di jejaring sosial sangat umum di Indonesia.

Facebook dan Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan untuk menjual produk online.

Cara membuat toko online di jejaring sosial juga sangat mudah. Jika Anda seorang pemula, model bisnis untuk perdagangan elektronik ini sangat cocok untuk Anda.

Peluangnya sangat penting, karena hampir semua orang sekarang memiliki media sosial.

Selain modalnya yang kecil, sistem penjualan melalui media sosial juga mudah, fleksibel, sehingga tidak peduli.

5 Produk Terbaik -Dipotek dalam Perdagangan Elektronik

Apakah Anda ingin tahu barang mana yang mencari konsumen dan yang terbaik yang dijual di stan perdagangan elektronik? Di bawah ini, kami merangkumnya untuk Anda.

Gawai

Produk ini diklasifikasikan di bagian atas pencarian produk dalam perdagangan elektronik Lapak.

Gadget adalah elemen penting yang masih diperlukan oleh banyak orang saat ini, karena hampir semua orang hampir tidak bisa hidup tanpa gadget.

Bisnis, sosialisasi, semuanya dilakukan di sekitar dunia digital yang terhubung melalui gadget, jadi jangan kaget jika elemen yang satu ini adalah produk yang terbaik di stand perdagangan elektronik saat ini.

Mode

Perubahan tren mode cepat dan banyak jenis mode untuk dipilih, yang membuat produk mode ini selalu dinamis dan terus -menerus dibutuhkan oleh banyak konsumen.

Produk fashion berada di peringkat kedua setelah gadget dalam penelitian di stan perdagangan elektronik.

Jika Anda ingin membuat produk fashion sebagai ide bisnis, pastikan untuk menentukan jenis mode yang ingin Anda jual, baik pakaian formal atau santai, untuk anak -anak atau orang dewasa, untuk pria atau wanita.

Peralatan Rumah tangga

Biasanya, jenis produk ini adalah target konsumen dan bahkan pasangan muda untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Perangkat domestik ini selain memiliki banyak jenis varian juga memiliki banyak varian harga yang dapat disesuaikan dengan kualitas dan dana konsumen.

Jika Anda ingin membuat salah satu produk terlaris untuk perdagangan elektronik ini sebagai ide bisnis Anda, pastikan untuk menentukan jenis dan jenis harga yang ingin Anda latih sehingga target konsumen yang ingin Anda targetkan.

Produk - produk kesehatan

Kesadaran publik akan kesehatan meningkat semakin banyak. Terlihat dalam penelitian di stan perdagangan elektronik, produk kesehatan diperlukan.

Produk kesehatan terbaik yang dijual di tegakan perdagangan elektronik seperti bahan -bahan tradisional, madu dan semua jenis perawatan tanaman alami.

Jika Anda juga tertarik dengan ide bisnis ini dan Anda ingin menjualnya, pastikan bahwa produk yang sudah Anda miliki memiliki sertifikasi BPOM yang layak dan Kementerian Kesehatan sehingga keselamatannya dijamin dan tidak meragukan konsumen untuk mengkonsumsinya untuk mengkonsumsinya untuk mengkonsumsinya untuk mengkonsumsinya untuk mengkonsumsinya untuk mengkonsumsinya .

Produk kecantikan

Berbagai produk kecantikan seperti lotion, krim, vitamin, dan lainnya ditemukan di stan perdagangan elektronik dan selalu laku dengan baik.

Dari produk lokal hingga impor, ada di banyak tribun dan tidak pernah kosong dari penggemar.

Jika Anda ingin membuat produk kecantikan sebagai peluang komersial, pastikan untuk menawarkan produk kecantikan merek yang dikenal luas dengan izin keselamatan produk yang telah disetujui oleh lembaga terkait agar tidak menyebabkan efek negatif pada konsumen dan menghindari keluhan konsumen.

Berdasarkan penjelasan di atas, masing -masing jenis memiliki model dan keuntungan masing -masing. Analisis yang lebih dalam -harus dilakukan untuk mengetahui jenis bisnis apa yang tepat untuk Anda.

Kelola kegiatan perdagangan elektronik dengan aplikasi keuangan dari Mekari Review

Ini adalah beberapa bentuk dan jenis perusahaan perdagangan elektronik yang harus Anda ketahui.

Mengelola bisnis E -Commerce memiliki banyak keunggulan, baik untuk penjual maupun pembeli, karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja, lebih cepat dan lebih mudah untuk menemukan produk, biaya dan perjalanan dan sistem pembayaran yang mudah.

Apa pun yang dipilih perusahaan, Anda harus membuat laporan keuangan untuk mengetahui kondisinya dengan benar.

Untuk memfasilitasi pengelolaan laporan keuangan komersial, Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Salah satu perangkat lunak akuntansi yang mudah dan dapat membantu Anda adalah koran.

Jurnal adalah perangkat lunak akuntansi online atau perangkat lunak akuntansi untuk manajemen keuangan dalam bisnis Anda secara lebih praktis.

Dengan fitur lengkap mulai dari faktur hingga rekonsiliasi perbankan, memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, jurnal juga merupakan perangkat lunak akuntansi yang sering digunakan di perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bidang-Bidang Akutansi Ekonomi Dalam Menjalankan Bisnis

Berikut Dampak Inflasi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Inflasi Dalam Sebuah Ekonomi