Inilah 3 Komponen Lain Dalam Bauran Pemasaran di Era Modrn
smelildiali.com- Selain empat komponen bauran pemasaran atau konsep 4P yang dijelaskan di atas (produk, harga, promosi dan tempat), sebenarnya ada komponen lain yang juga dapat diperhitungkan untuk memastikan keberhasilan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan.
Konsep bauran pemasaran tertentu sering menggunakan konsep 7p dengan menambahkan tiga komponen lain ke konsep 4P:
1. Orang atau sumber daya manusia memiliki
Dalam semua langkah atau langkah yang diambil, akan ada seseorang yang perlu melaksanakannya. Inilah sebabnya mengapa tenaga kerja milik perusahaan tidak jarang menjadi pertimbangan selama pemasaran, terutama bagi perusahaan yang memilih untuk menerapkan konsep pemasaran.
Komponen bauran pemasaran ini dapat diperhitungkan saat menyiapkan strategi pemasaran dan juga pada saat implementasi. Beberapa pemain bisnis memilih untuk menghitung kebutuhan sumber daya manusia dalam melakukan aktivitas pemasaran pada awalnya; Sementara beberapa pemain bisnis lainnya telah memilih untuk menariknya dari pertimbangan.
Tentu saja, setiap aktor bisnis disarankan untuk mempertimbangkan komponen sumber daya manusia pada awalnya ketika Anda mulai menyusun rencana campuran yang ingin Anda kelola. Namun, tidak ada salahnya melihat sebelumnya kegiatan pemasaran mana yang dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini secara khusus memerlukan sumber daya manusia.
Perekrutan orang -orang yang kompeten di daerah mereka akan membantu memastikan implementasi bauran pemasaran yang sempurna. Namun, sekali lagi, penggunaan karyawan baru, khususnya mereka yang berpengalaman, membutuhkan biaya yang juga tidak lebih kecil.
Hitung kebutuhan sumber daya manusia yang diperlukan, haruskah Anda menggunakan seseorang yang sudah sangat ahli? Atau mungkin bauran pemasaran dapat dirancang agar pemasaran dapat dilakukan tanpa kebutuhan sumber daya manusia tertentu.
Selain keterampilan, sikap yang dimiliki oleh tenaga kerja juga dapat memengaruhi hasil pemasaran. Mengingat kegiatan ini, ini mungkin memerlukan bisnis dalam kontak langsung dengan pelanggan, pekerjaan seseorang dengan temperamen yang buruk sebenarnya dapat mengganggu tujuan campuran pemasaran.
Atur aktivitas pemasaran yang tepat menggunakan bauran pemasaran dan juga tempatkan orang yang tepat untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran yang ada untuk mendorong angka penjualan bisnis.
2. Pemrosesan Pelanggan atau Proses Layanan
Komponen lain yang juga harus diperhitungkan dalam penerapan konsep pemasaran campuran dalam proses operasional perusahaan itu sendiri. Pemain bisnis harus dapat memastikan bahwa pelanggan telah menerima layanan yang baik dari awal hingga akhirnya melakukan pembelian.
Tujuan yang akan dicapai dengan mempertimbangkan proses dalam bauran pemasaran adalah untuk memberikan nilai tambah untuk produk atau layanan yang ditawarkan oleh proses operasional. Misalnya, pelanggan cenderung lebih tertarik melakukan pembelian di lokasi bisnis yang menawarkan berbagai opsi pembayaran; Memulai pembayaran tunai untuk pilihan penyedia layanan portofolio digital dibandingkan dengan tempat kegiatan yang hanya menerima pembayaran tunai.
Dalam kasus di atas, proses layanan yang diberikan kepada pelanggan oleh lokasi bisnis dengan berbagai opsi pembayaran akan menjadi perusahaan tambahan dibandingkan dengan perusahaan serupa yang tidak.
Temukan alternatif atau ide -ide lain yang dapat diterapkan yang dapat membuat pelanggan menghibur untuk melakukan pembelian untuk memastikan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan dapat diimplementasikan secara optimal. Tidak ada salahnya melakukan studi pasar atau penelitian tentang pengguna untuk menemukan tingkat kenyamanan pelanggan dari proses operasional yang diterima perusahaan.
3. Bukti fisik atau penampilan fisik sebagai jaminan
Komponen terakhir yang dapat diperhitungkan dalam bauran pemasaran adalah penampilan fisik; Baik penampilan fisik produk yang ingin Anda gagal atau penampilan fisik lokasi bisnis tempat perusahaan dikelola.
Komponen bauran pemasaran ini mungkin tampak sepele dan eksentrik, tetapi sebenarnya memiliki pengaruh yang diremehkan. Namun, penampilan fisik ini dapat ditambahkan untuk meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.
Beberapa contoh dapat dilihat di sejumlah kafe dan restoran interior dan eksterior dirancang sehingga mereka bisa indah saat difoto. Tidak jarang, orang memilih untuk mengunjungi tempat -tempat ini untuk menikmati makanan yang disajikan, tetapi lebih untuk mendapatkan foto yang bagus untuk dipasang di akun media sosial.
Menurut contoh di atas, tidak mengherankan bahwa penampilan fisik kadang -kadang termasuk dalam komponen pemasaran campuran, karena dengan penampilan yang meyakinkan, pelanggan akan lebih mudah memutuskan untuk melakukan transaksi; Dan juga mendorong jumlah penjualan produk dan layanan yang ditawarkan.
Seperti komponen proses, komponen penampilan fisik dari bauran pemasaran adalah nilai tambah bagi perusahaan yang merasa terlalu mahal untuk dilewatkan, terutama untuk bidang bisnis tertentu dengan pesaing yang terlalu padat. Tampil unik dan berbeda di antara pesaing lain yang menawarkan produk atau layanan serupa akan menjadi elemen penting untuk memastikan transaksi atau pembelian.
Komentar
Posting Komentar